Senin, 19 Februari 2024

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 3.2

 Sebelum melakukan telaah materi, saya mempelajari terlebih dahulu pertanyaan pemantik berikut ini:

  1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka  faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik? Faktor biotik adalah komponen dari ekosistem yang berupa makhluk hidup yang ada di bumi, singkatnya faktor biotik adalah faktor hidup contohnya adalah tenaga pendidik dan kependidikan, siswa, komite, alumni dan relasi. Untuk faktor abiotik merupakan komponen fisik ekosistem yang bentuknya tidak hidup dari lingkungan. Meski komponen abiotik ini tidak bernyawa atau benda mati, tetapi mempunyai pengaruh besar bagi kehidupan contohnya sarana prasarana, dll.
  2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?Mampu dengan bijak mengolah segala potensi yang dimiliki demi kemajuan sekolah.
  3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah? kemampuan melihat atau mengenali potensi dan juga kemampuan mengolah potensi tersebut menjadi hal bermanfaat demi kemajuan sekolah.
  4. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien? menggali dan mengembangkannya dengan cara memberi kesempatan dan peluang untuk terus berkembang dan termanfaatkan.
  5. Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Sangat besar, namun semua sarana prasarana tersebut optimal termanfaatkan untuk proses pembelajaran murid jika dan hanya jika bapak ibu gurunya kreatif. Jelaskan! Andai bapak ibu gurunya kreatif maka fasilitas tersebut bisa optimal digunakan. Sebaliknya jika tidak didukung dengan sumber daya manusianya, maka fasilitas yang bagus dan lengkap tersebut hanya akan terpajang saja.
  6. Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Insya Allah disekolah tempat saya bertugas, semua sumber daya sekolah termanfaatkan dengan baik. Terutama demi kemajuan sekolah dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Mengantarkan siswa dan guru serta sekolah dalam berbagai prestasi. 
  7. Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid? Ada, selalu membuat program-program unggulan yang bertujuan menjaga kualitas dari guru, siswa dan tenaga kependidikan. Lalu kontrol berkelanjutan yang dilakukan oleh pembina/unsur pimpinan, dll. 
  8. Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?Sudah, tapi mungkin harus dioptimalkan dari tahun ke tahun. Pemanfaatan yang dilakukan misalnya melakukan temu ramah dengan alumni, membuka peluang kepada alumni untuk memberikan motivasi serta guru tamu, aktif dan proaktif dalam mendapatkan bantuan untuk pembangunan sekolah, dll.
Demikianlah jawaban singkat saya. Mari berdiskusi..

2 komentar:

  1. selalu membuat program-program unggulan yang bertujuan menjaga kualitas dari guru, siswa dan tenaga kependidikan. contoh program unggulannya apa bu?

    BalasHapus
  2. boleh berbagi bu mona program unggulan bidang keagamaan yang ada di sekolah ibu, agar sekolah kita maju bersama

    BalasHapus

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 3.2

  Sebelum melakukan telaah materi, saya mempelajari terlebih dahulu  pertanyaan pemantik  berikut ini: Apabila kita menganggap sebuah sekola...